In Parenting Sharing

Anak Bunda Malas Mandi? Kepoin Yuk, 4 Cara Jitu Supaya si Kecil Menjadi Rajin Mandi!

Foto : Pexels.com


Hallo, Mak Blogger! Jumpa lagi, nih.
Sebenarnya, artikel kali ini muncul berdasarkan pengalaman pribadi sih. Hehe
Iya, benar. Anak saya termasuk pada golongan yang sulit banget diajak mandi. Main air suka sih, namun kalau sudah waktunya diajak mandi, MasyaAllah. Musti uber-uberan dulu kalau istilahnya orang Jawa, alias kejar-kejaran. Kalau gak gitu, emaknya ini musti punya sejuta jurus rayuan supaya dia manut dan gak berujung mewek.

Nah, ada beberapa jurus yang mau saya bagikan ke emak-emak di sini, di antaranya :

Buat Kamar Mandi Senyaman Mungkin

Nah, sedikit cubitan kecil nih, buat para Emak. Beneran sudah nyaman kamar mandinya, Mak? (Tamparan buat saya juga sih) Hehe
Kamar mandi yang nyaman tidak harus mewah, ya. Tidak hanya kamar mandi, semua tempat, apapun itu, kalau bersih, wangi, terang, tentu akan memberikan kenyamanan bagi setiap pengunjung. Apalagi kamar mandi. Konon, ada pepatah yang mengatakan, "Bersih tidaknya rumah seseorang itu tergantung dari kondisi kamar mandinya". 
Bener gak, sih, Mak?
Intipin kamar mandi dulu, yuk! Haha

Sediakan Air Hangat Saat Cuaca Dingin 

Jurus selanjutnya agak berat, ya, Mak? Hehe
Musti telaten ngangetin air, bagi para Emak yang di rumahnya belum ada penghangat  airnya.
Apalagi kalau pas pagi hari, wajib banget ini si kecil mandi pakai air hangat. Beda lagi untuk anak yang sudah tidak rewel, mau pakai air hangat, air dingin, sesuai selara lah ya.

Pilihkan Peralatan Mandi yang Menarik

Ini sepertinya juga hampir wajib, ya, Mak. Sunnah Muakkad, lah. Hehe
Sikat gigi yang lucu-lucu, pasta gigi yang rasa-rasa permen, sabun-samphoo yang wangi, tentu akan menjadi magnet tersendiri buat si kecil mau mandi. Mereka akan lebih bersemangat dan tertarik pastinya.

Berikan Reward pada Anak

Emak-emak zaman sekarang emang kudu kreatif, ya, Mak. Mengingat maunya anak jaman now pun semakin aneh-aneh dan beraneka.
Saya ada cara, nih. Coba siapkan beberapa snack/mainan, gak perlu yang mahal. Kemudian gantung di tembok/pintu kamar mandi. Setiap mau mandi, berikan sedikit pancingan.
"Ayo, Nak, mandi dulu! Tuh, lihat! Ada snack banyak di sana, nanti kalau Rara habis mandi, mama kasih hadiah satu deh".
Begitu dan seterusnya.

Semangat mencoba, ya, Mak. Semoga jurusnya berhasil.
Salam hangat dari saya buat si kecil.

Related Articles

25 komentar:

  1. selamaaat... kecee artikelnyaa.. semoga istoqomah mengisi rumah barunya yaa..salam buat si kecil ��

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih bu Founder yang baik hati...
      alaiki wa 'alaihas salaam :)

      Hapus
  2. Aku suka siapin mainan mba di kamar mandi biar anteng pas mandinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbak, saya juga.. mungkin bisa dimasukkan ke point ketiga yess :)

      Hapus
  3. Dinding kamar mandinya kasih stiker yang lucu-lucu juga Mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyess, Mbak.. Bener banget.. Terima kasih atas tambahannya, Mbak.. Bisa dimasukkan daftar. Hehe

      Hapus
  4. kalo emaknya yang males mandi, ngatasinnya gimana mbaaaa? xixxixiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha.. Itu masalah bagi saya juga, Mbak.. Wkwk

      Hapus
  5. Balasan
    1. :) :) :)
      Terima kasih, sudah berkunjung, Mbak..

      Hapus
  6. Ingin cepat punya anak supaya bisa menerapkan ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamiin.. Aamiin. Semoga segera dikabulkan, ya, Mbak..

      Hapus
  7. Anakku kalau diajak berenang senang, giliran mandi kadang juga susah, jadi di kamar mandi aku sediakan bak lebar yang biasanya dipakai untuk nyuci, tinggal ajakin berenang di bak aja, pasti betah deh. hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Iya, Mbak.. Bener banget. Anak saya juga gitu

      Hapus
  8. Ternyata banyak ya, anak yg kalo mandi susah...
    Kiraan anak saya doang

    BalasHapus
    Balasan
    1. Saya kira juga anak saya doang kok, Mbak.. Hehe

      Hapus
  9. bermanfaat mba, reward perlu juga ternyata ya

    BalasHapus
  10. Yang paling ampuh buat saya dulu, temen mandinya mainan yang banyak hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi.. Iya, Mbak.. Ampuh banget, itu.. Tapi kalau anakku musti selalu ganti-ganti mainannya

      Hapus
  11. Infonya sangat menarik. Menyuruh anak mandi nemang tantangan banget, bukan cuma untuk anak yang masih kecil, yabg gede malah lebih malas lagi
    ......

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya,kah, Bund? Waah, musti upgrade jurus baru lagi berarti. Hehe

      Hapus
  12. Ini ni, salah satu yg bikin para emak geleng-geleng, ikutan ah tipsnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, Mbak.. Sampe sekarang aja anakku masih sering bikin maknya geleng-geleng. Terima kasih, Mbak, sudah mampir..

      Hapus
  13. Btul tu mb,hrus pinter2 cari strtegi biar si kecil mw mandi.e pas dah brhasil ngajakin mandi,dy malah main air dn gk mau branjak dr kmar mandi

    BalasHapus

Diberdayakan oleh Blogger.

Home Ads

Advertisement

Popular Posts