In Sharing

3 Hal Penting yang Perlu Kamu Perhatikan Saat Membuat Surat Lamaran Pekerjaan, No. 2 Wajib Banget, Dears!

Foto : Pexels.com

Hi, Dears!
Mungkin ada sebagian di antara kita yang hampir putus asa karena mencari pekerjaan yang tak kunjung didapat. Beberapa lembar Surat Lamaran dan CV telah kita layangkan ke beberapa kantor perusahaan, namun nyatanya belum juga dapat panggilan. Di sisi lain, melihat teman-teman kita yang setiap pagi berangkat kerja dengan memakai seragamnya, sungguh membuat hati iri. Belum lagi ditambah dengan nyinyiran dari tetangga yang acap kali mengganggu.
"Sudah sekolah tinggi-tinggi, habisin banyak duit orang tua, ujung-ujungnya juga pengangguran"
"Apa gak bosan di rumah terus? Ijazahnya buat apa?"

Kalimat-kalimat seperti itu mungkin sering kita dengar, dikira kita cuma duduk manis, berdiam diri di rumah, tanpa ada usaha. Padahal, kita sudah susah payah keluar masuk beberapa perusahaan untuk mencari pekerjaan. Sedih, capek, stress, galau, merasa gak berharga dan putus asa. Apa sih, yang kurang dari kita? Apa sih, yang salah dari lamaran yang kita kirimkan?

Sore tadi, ada customer yang datang ke toko saya untuk minta diprintkan Surat Lamaran Pekerjaan dan Daftar Riwayat Hidup. Jelas sekali kalau berkas itu akan digunakan untuk melamar suatu pekerjaan. Namun, ketika filenya saya buka, masih banyak sekali tulisan dan tanda baca yang masih perlu untuk dibenarkan. Selanjutnya saya membantu mengedit ulang tulisan yang sudah siap print tersebut. Kejadian seperti ini tidak hanya sekali dua kali, sehingga saya tergerak untuk membuat tulisan ini.

Membuat Surat Lamaran Pekerjaan mungkin memang terasa sangatlah gampang bagi sebagian orang. Namun, tidak sedikit pula yang merasa kesulitan saat disuruh membuat Surat Lamaran. Memang, membuat Surat Lamaran Pekerjaan itu susah-susah gampang. Tidak asal copy paste untuk kemudian langsung kita print. Ada beberapa hal yang sangat perlu untuk kita perhatikan saat membuat Surat Lamaran Pekerjaan. Adapun hal-hal penting tersebut antara lain :

1. Usahakan Memakai Tulisan Tangan Sendiri

Untuk saat ini, menulis Surat Lamaran menggunakan tulisan tangan memang tidak diwajibkan. Seiring dengan perkembangan teknologi, diperbolehkan membuat Surat Lamaran Pekerjaan menggunakan tulisan dari komputer meskipun ada beberapa perusahaan yang masih mewajibkan menggunakan tulisan tangan. Kalau menurut saya, langkah lebih utamanya jika Surat lamaran Pekerjaan ditulis dengan menggunakan tulisan tangan. Hal ini dikarenakan tulisan tangan bisa menunjukkan karakter seseorang. Sehingga tulisan tangan ini bisa dijadikan bahan pertimbangan seseorang untuk diterima atau tidaknya.

2. Gunakan Tulisan yang Sesuai dengan EYD

Berbicara tentang EYD, EYD meruapakan singkatan dari Ejaan Yang Disempurnakan. EYD ini merupakan patokan saat kita mau membuat tulisan yang baik dan benar, seperti pemakaian huruf besar (kapital) dan pemakaian tanda baca. Untuk itu, haram hukumnya mengabaikan point satu ini jika kita mau membuat Surat Lamaran Pekerjaan mengingat Surat Lamaran itu termasuk salah satu berkas resmi bagi sebuah lembaga. Tulisan yang sesuai dengan EYD menunjukkan kemampuan dan pengetahuan seseorang yang telah menulisnya. Untuk itu, jangan sampai diabaikan, ya, Dears!

3. Berikan Informasi dan Data yang Sebenarnya 

Memberikan informasi dan data yang sebenarnya juga merupakan point mutlak saat membuat Surat Lamaran Pekerjaan. Jangan sampai kita salah atau bahkan memanipulasi data yang kita berikan. Berikan data/lampiran berkas yang memang benar-benar milik kita.
 Seperti no. telepon, alamat rumah, ijazah terakhir dan lain-lain.

Semoga bermanfaat, Dears.

Related Articles

0 komentar:

Posting Komentar

Diberdayakan oleh Blogger.

Home Ads

Advertisement

Popular Posts